Home » Penginapan Ciwidey » Bauran Pemasaran Penginapan Ciwidey

Bauran Pemasaran Penginapan Ciwidey

Sunday, October 13th 2013. | Penginapan Ciwidey

Bauran Pemasaran Penginapan Ciwidey

Bauran Pemasaran Penginapan CiwideyBauran Pemasaran Penginapan Ciwidey, Produk dalam industri perPenginapan Ciwideyan sangatlah banyak dan bervariasi bauran produk menurut Morrison (2002:277) terdiri dari perilaku staf, penampilan, serta seragam, bangunan eksterior, peralatan, furniture, simbol serta komunikasi dengan pelanggan dan publik lainnya. Walker (1996:77) membagi layanan yang ditawarkan Penginapan Ciwidey ke dalam 3  element .

Tingkatan service offering dari suatu Penginapan Ciwidey berawal dari core benefitnya yaitu penginapan dengan menyediakan kamar untuk menginap. Selanjutnya core benefit ini tidak akan berjalan tanpa adanya facilitating services, yaitu suatu layanan yang mendukung core benefit seperti front office, housekeeping, dapur, lahan parkir.

Terakhir adalah layanan penunjang yaitu berupa fasilitas lain yang disediakan pihak Penginapan Ciwidey dalam menyampaikan jasanya kepada pelanggan Penginapan Ciwidey. Dalam hal ini dapat berupa reservasi, restaurant,serta frequency club.

Kotler, Bowen, Makens (2004:302) berpendapat bahwa produk yaitu segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar agar dapat menarik perhatian, pembelian, penggunaan, atau konsumsi yang bisa memuaskan keinginan atau kebutuhan. Termasuk di dalamnya objek secara fisik, jasa, tempat, organisasi, dan ide.

Menurutnya produk dalam industri perPenginapan Ciwideyan ini harus dilihat dari 4 tingkatan yaitu core product yang merupakan fokus dari suatu bisnis yang dalam perPenginapan Ciwideyan yaitu penginapan, facilitating product yaitu suatu produk atau jasa yang harus ada dan digunakan untuk menggunakan core product nya yang berhubungan dengan aksesbilitas, seperti fasilitas check in check out, dan supporting product yaitu produk ekstra yang ditawarkan perusahaan untuk menambah nilai core product nya dan membedakan dari pesaingnya sehingga  dapat membantu positioning perusahaan.

Contohnya adalah tersedianya business centre atau pusat kebugaran yang full service. Dalam hal ini core product memerlukan facilitating product tetapi tidak selalu memerlukan supporting products. Tingkatan terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah augmented product, menginget Penginapan Ciwidey memerlukan keterlibatan pelanggan dalam penyampaian jasanya yang dalam hal ini pelanggan berinteraksi dengan sistem penyampaian jasa, misalnya tamu Penginapan Ciwidey harus check in di front desk, masuk ke kamar, bagaimana menggunakan televisi atau telefon.

Pelanggan juga harus berinteraksi dengan pelanggan yang lainnya dan petugas Penginapan Ciwidey. Augmented product itu sendiri terdiri dari atmosfir yaitu lingkungan fisik yang terdiri dari dimensi visual (warna, tata cahaya, ukuran dan bentuk), dimensi aura, dimensi olfactory, (aroma dan kesegaran), dan dimensi tactile (kelembutan, kehalusan dan temperatur), interaksi pelanggan dengan sistem penyampaian jasa, interaksi pelanggan dengan sistem penyampaian jasa, interaksi pelanggan dengan pelanggan lainnya, serta customer coproduction yaitu keterlibatan pelanggan dalam penyampaian jasa yang dapat meningkatkan kapasitas, kepuasan, serta mengurangi biaya.

Produk yang dihasilkan oleh usaha Penginapan Ciwidey dapat dibedakan menjadi komponen produk nyata yaitu segala sesuatu yang dapat dilihat, disentuh/diraba, diukur dan dihitung seperti makanan, minuman, kamar tidur, dan perlengkapannya.

Secara umum unsur komponen-komponen produk nyata adalah lokasi, fasilitas dan berbagai aspek pelayanan. Lokasi yang dibutuhkan bagi suatu usaha Penginapan Ciwidey adalah suatu lokasi yang strategis dan dapat memberikan kemudahan kepada para pelanggan dalam melaksanakan aktivitas mereka sehingga kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi selama tinggal di Penginapan Ciwidey.

Fasilitas yang terdapat di dalamnya, restoran dengan berbagai jenis produk makanan dan minuman serta fasilitas fisik restoran yang dapat mendukung pelayanan penyajian makanan dan minuman dengan baik, fasilatas kebugaran seperti kolam renang, tenis lapangan, gym, serta fasilitas hiburan seperti musik dan karaoke. Khusus untuk Penginapan Ciwidey bintang 4 dan 5, diharuskan untuk menyediakan fasilitas kepada para pelanggannya selama 24 jam, Bauran Pemasaran Penginapan Ciwidey.

Bauran Pemasaran Penginapan Ciwidey

Bauran Pemasaran Penginapan CiwideyBauran Pemasaran Penginapan Ciwidey, komponen produk tidak nyata/abstrak bagi sebuah Penginapan Ciwidey merupakan semua produk yang hanya dapat dirasakan dan dialami sebagai suatu pengalaman. Faktor-faktor produk tidak nyata adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pelayanan dan citra suatu produk yang dihasilkan oleh Penginapan Ciwidey.

Pelayanan dalam suatu Penginapan Ciwidey berkaitan dengan penyediaan kamar, makanan dan minuman, serta fasilitas penunjang lainnya bagi para pelanggan yang tidak hanya menghendaki kebersihan kamar atau kelezatan makanannya saja, tetapi juga gaya dan cara pelayanan serta kenyamanan dan keamanan sehingga dapat memberikan atau memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis pelanggan.

Model pelayanan Penginapan Ciwidey terdiri dari 3 unsur, yaitu Provider (PR), Reciever (RE), dan Transfer (TR). Provider adalah penyediaan pelayanan yang memiliki hubungan dengan pelanggan, terdiri dari produk (P) yang dihasilkan oleh bagian Penginapan Ciwidey seperti kebersihan, kerapihan, kelengkapan, kenyamanan dan keamanan kamar, perilaku dan sikap atau Behavior (B), yaitu perilaku dan sikap penyedia jasa yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan produknya kepada pelanggan, serta suasana lingkungan atau Environtment (E) yang dip[engaruhi oleh sistem dan prosedur yang sudah ditetapkan, serta perilaku, sikap, dan norma yang melekat pada masing-masing individu.

Reciever (R) yaitu mereka yang menerima pelayanan Penginapan Ciwidey dengan pengalaman, ide, serta kultur yang berbeda. Merekalah yang akan menilai apakah pelayanan yang diterima baik atau buruk dan seberapa jauh harapan mereka tercapai. Harapan itu sendiridipengaruhi oleh kebutuhan atau Needs (N) dan tujuan atau Objectives (O). Yang terakhir adalah Transfer (TR) yang merupakan suatu keadaan yang tercipta akibat adanya interaksi antara penyedia jasa dengan penerima jasa.

Faktor-faktor lainnya yang merupakan bagian dari komponen produk tidak nyata/abstrak adalah hal-hal yang dapat memberikan rasa kehangatan bagi tamu sebagai manusia dan kesediaan untuk menyenangkan hati orang lain. Sebagai contoh, dalam sebuah Penginapan Ciwidey seorang tamu harus mendapatkan rasa bersahabat, sopan santun, dan rasa hormat dari seluruh karyawannya, kondisi lingkungan yang menyenangkan, pelayanan yang cepat dan akurat, yang kesemuanya ini harus ditunjang dengan menggunakan teknik dan prosedur yang benar.

People dalam industri perPenginapan Ciwideyan terbagi dalam 2 kelompok, yaitu guest dan atau pelanggan serta host atau mereka yang bekerja di dalam organisasi ini sehingga hubungan antara guest dan host ini sangatlah penting dan bertujuan untuk memperbaiki tingkat kualitas pelayanan. Bagaimana suatu perusahaan memperlakukan mereka yang melayani dan mereka yang dilayani ini akan berpengaruh terhadap keefektifan pemasaran.

Packaging yaitu penjual mengemas berbagai macam produk dalam suatu harga yang biasanya labih murah dibandingkan dengan jumlah harga per unit nya. Dalam industri perPenginapan Ciwideyan, packaging adalah suatu kombinasi dari jasa yang berhubungan dan komplementer yang disatukan ke dalam satu penawaran.

Programming merupakan suatu teknik yang berhubungan dengan packaging, berhubungan dengan pembentukan aktivitas khusus, events, atau suatu program untuk meningkatkan belanja pelanggan atau untuk memberikan nilai tambah bagi suatu kemasan jasa. Packaging dan Programming merupakan konsep yang saling berhubungan mengingat sebagian besar packages terdiri dari programming.

Place berkaitan dengan sistem penyampaian jasa perPenginapan Ciwideyan yang disampaikan kepada pelanggan, yaitu merupakan suatu kombinasi dari saluran distribusi langsung dan tidak langsung seperti travel trade intermediaries, yang digunakan perusahaan agar pelanggan sadar akan jasa yang ditawarkan.

Bauran Pemasaran Penginapan Ciwidey

Villa Sukarasa Bauran Pemasaran Penginapan CiwideyBauran Pemasaran Penginapan di Ciwidey, distribusi langsung terjadi jika perusahaan menanggung semua tanggung jawab mulai dari promosi, reservasi dan penyampaiannya kepada pelanggan. Distribusi tidak langsung dapat dilakukan perusahaan melalui travel trade intermediaries seperti travel agents, tour wholesalers dan operator, manager dan agen travel koeporasi, perencanaan perjalanan, serta perencanaan konvensi atau pertemuan.

Promosi merupakan suatu cara dalam mengkomunikasikan produk yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan. Bauran promosi dalam industri perPenginapan Ciwideyan meliputi periklanan, personal selling, sales promotion, merchandising serta public relations. Promosi biasanya mempunyai presentase yang paling besar dalam anggaran pemasaran.

Partnership merupakan usaha-usaha pemasaran lainnya yang dilakukan oleh perusahaan, mulai dari promosi kooperatif dalam jangka pendek sampai kepada perjanjian pemasaran stratejik yang melibatkan kombinasi produk dan jasa yang ada dalam industri. Partnership ini dapat dilakukan dengan pelanggan, organisasi lain dalam bidang usaha yang sama, organisasi yang mempunyai kemiripan bentuk usaha, organisasi yang tidak berhubungan, serta aliansi digital.

Dewasa ini bisnis perPenginapan Ciwideyan di daerah Ciwidey mulai marak, dengan menjual pesona alamnya yang indah, udaranya yang sejuk serta adanya sumber-sumber mata air belerang alami. Dengan adanya sumber-sumber mata air belerang alami yang airnya hangat menjadikan fasilitas Penginapan Ciwidey ditambah dengan kolam renang air hangat.

Wisatawan sangat berminat sekali, selain menyegarkan juga bisa membuat sehat  kulit. Tema penginapan disini kebanyakan alam, dari mulai penginapan-penginapan yang terbuat dari bilik-bilik, kayu bambu, kayu kelapa, mahoni sampai yang bereksterior modern minimalis. Semua tergantung selera pengunjung, mau memilih penginapan yang bernuansa alam atau yang sudah modern. Meskipun bangunan-bangunannya bertemakan alam tetapi fasilitasnya dilengkapi dengan alat-alat modern seperti TV, dispenser bahkan waterheater.

Untuk penginapannya sendiri tidak hanya sebagai tempat bermalam tapi sekaligus tempat wisata keluarga, untuk pelengkap sarana olahraga selain ada kolam renang air hangat juga disediakan bermacam-macam alat olahraga, ketangkasan dan permainan. Seperti berkuda, flying fox, ATV, outbond, dan lain sebagainya.

Produk-produk penunjang berupa makanan, minuman dan aneka oleh-oleh khas penduduk Ciwidey Bandung jawa Barat juga dipromosikan disini. Dijual dengan harga cukup terjangkau sehingga pengunjung tidak perlu bersusah payah untuk mencari oleh-oleh. Saat wisatawan datang ke Penginapan Ciwidey di Ciwidey bandung Jawa Barat sudah dilengkapi dengan aneka macam kegiatan seperti memetik buah strawberry sendiri di kebun yang ada disekitar penginapan. 

Penginapan Ciwidey Nugraha Bandung Indonesia 1

Tempat-tempat wisatanya juga bervariasi jenisnya, jadi pengunjung tidak merasa bosan. Bila ingin melihat keindahan fenomena alam ada tempat wisata Kawah Putih. Bila ingin menikmati danau dan naik perahu, wisatawan bisa mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut dengan jarak tempuh yang lumayan dekat hanya sekitar 10 menit dari tempat wisata satu ke tempat wisata lainnya.

Bauran Pemasaran Penginapan Ciwidey

Tetapi untuk fasilitas modern seperti sambungan internet belum ada karena keterbatasan jangkauan wilayah. Untuk musik pun masih menggunakan musik-musik tradisional atau musik-musik rakyat seperti dangdutan, degung, dan lain sebagainya. Untuk komponen produk tidak nyata/abstrak disini cukup baik, sebagaimana diketahui kultur masyarakat pedesaan sangatlah ramah kepada orang lain.

Bauran Pemasaran Penginapan Ciwidey

Hanya saja terkadang ada sedikit kendala dalam penggunaan bahasa daerah yang kurang difahami oleh pengunjung, sebagai management perPenginapan Ciwideyan yang profesional tentu saja standar-standar pelayanan umum harus terus ditingkatkan, bila perlu diadakan pelatihan-pelatihan dasa-dasar standarisasi perPenginapan Ciwideyan. Partnership mulai banyak yang bergabung dari mulai travel agent hingga restoran-restoran penyedia jasa catering untuk pengunjung berjumlah banyak atau rombongan dari sekolah atau instansi, Bauran Pemasaran Penginapan Ciwidey.


tags: , , , , ,

Related For Bauran Pemasaran Penginapan Ciwidey

Comment For Bauran Pemasaran Penginapan Ciwidey